Dukung Peningkatan Kompetensi Guru dan Kompetisi Siswa, IGI Sekadau Selenggarakan Gebyar HGN tahun 2023 dan HUT ke-3 IGI Sekadau

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sekadau kembali melaksanakan program unggulan pada tahun 2023, yaitu Gebyar Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 dan HUT ke-3 IGI Sekadau. Program ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) pada 25 November 2023 dan HUT ke-3 IGI Sekadau yang diperingati pada 18 November 2023. Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2023.

Rangkaian kegiatan dibuka dengan agenda Bimtek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan pada 27 hingga 28 Oktober 2023 di Aula UMKM Centre Sekadau dan Aula SMK Amaliyah Sekadau. Kali ini IGI Sekadau menghadirkan narasumber luar biasa, yaitu Bapak Mahrani, M.Pd. yang merupakan Ketua Wilayah IGI Kalimantan Barat dan Kepala SDN 09 Pontianak Utara. Selama dua hari, narasumber membimbing dan mendampingi 30 peserta dalam penyusunan desain, modul ajar, evaluasi, hingga rapor P5. Di akhir sesi, narasumber mendampingi peserta dalam pembuatan aplikasi Microsite untuk mendukung digitalisasi sekolah. Peserta juga diarahkan untuk menyusun perangkat sekolah dalam aplikasi tersebut sehingga seluruh peserta memiliki produk dalam pelatihan. Produk pelatihan dari peserta dapat diakses pada https://s.id/bimtekp5-igisekadau.

Dalam rangka meningkatkan semangat berkompetisi bagi siswa dan guru, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan lomba tingkat siswa dan guru seluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Sekadau. Adapun lomba yang dilaksanakan yaitu Lomba Mewarnai tingkat PAUD, Lomba Menyanyi Solo dan Lomba Gambar Bercerita tingkat SD/MI, Lomba Senam Kreasi Pelajar Pancasila dan Lomba Poster tingkat SMP/MTs, Lomba Pidato dan Lomba Film Pendek tingkat SMA/SMK/MA, serta Lomba Ranking 1 dan Lomba Best Practice tingkat Guru. Pelaksanaan lomba dilaksanakan pada 4 November dan 11 November 2023. Seluruh rangkaian kegiatan lomba dilaksanakan di Komplek SDIT Ar-Rayyan Sekadau, Jalan Himpun Harahap Desa Mungguk, Kec. Sekadau Hilir.

Sebanyak 226 peserta ikut ambil bagian dalam seluruh lomba yang dilaksanakan oleh organisasi profesi guru yang baru berkiprah selama tiga tahun di Kab. Sekadau ini. Peserta tersebut berasal dari berbagai kecamatan di Kab. Sekadau. Tahun ini peserta, baik guru maupun siswa, sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan karena dilaksanakan secara luring atau tatap muka. Saat ini, satu lomba yaitu Lomba Film Pendek tingkat SMA/SMK/MA sedang dalam proses pelaksanaan karena dilaksanakan secara daring/online.

Ketua IGI Sekadau, Fuad Setiadi, S.Pd.,Gr. dalam penyampaiannya setelah mengumumkan pemenang juara menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan. “Kami selaku panitia dan pengurus IGI Sekadau mengucapkan terima kasih dan apresiasi tak terhingga kepada dewan juri, kepala sekolah, guru-guru, dan siswa-siswa yang telah berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan dari IGI Sekadau. Tetap semangat dalam meningkatkan kompetensi diri dan prestasi. Semoga kegiatan ini bermakna dan membawa perubahan yang lebih baik bagi pendidikan di Kab. Sekadau,” ujar Fuad.

Posting Komentar untuk "Dukung Peningkatan Kompetensi Guru dan Kompetisi Siswa, IGI Sekadau Selenggarakan Gebyar HGN tahun 2023 dan HUT ke-3 IGI Sekadau"