Kolaborasi MGMP Matematika Sekadau Hulu dan IGI Sekadau Sukses Laksanakan Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka

Kamis, 25 November 2022, Pengurus Daerah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Sekadau kembali berkesempatan melaksanakan salah satu program kerja, yaitu IGI Goes to School jilid 2. Program ini merupakan kolaborasi bersama sekolah, komunitas, atau organisasi dalam melaksanakan agenda peningkatan kompetensi guru. Kali ini MGMP Matematika Kec. Sekadau Hulu sebagai penyelenggara utama acara berkolaborasi bersama IGI Sekadau melaksanakan Seminar Pendidikan Implementasi Kurikulum Merdeka. Ada pun tema yang diusung yaitu Penerapan Budaya Positif di Sekolah dan Sosialisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Acara yang dilaksanakan di Komplek SMPN 1 Sekadau Hulu, Desa Rawak Hulu, Kecamatan Sekadau Hulu ini diikuti oleh 45 orang dari beberapa sekolah jenjang SD dan SMP di Kecamatan Sekadau Hulu.

Sambutan oleh Kasi Pembinaan dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kab. Sekadau

Rangkaian awal acara ini dimulai dengan pembukaan yang dibuka oleh Bapak Fauzi, S.H. selaku Kasi Pembinaan dan Pengembangan yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau. Dalam sambutannya, Bapak Fauzi, S.H. menyampaikan apresiasi kepada MGMP Matematika Kec. Sekadau Hulu dan IGI Kab. Sekadau yang telah melaksanakan seminar yang diikuti oleh guru-guru. Hal ini sangat positif agar memberikan pemahaman yang mendalam kepada guru tentang Kurikulum Merdeka.

Materi Kebijakan tentang Kurikulum Merdeka oleh Drs. Yudi Purminto

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi sesi pertama, yaitu Kebijakan Pemerintah tentang Kurikulum Merdeka. Materi dalam sesi ini disampaikan oleh Pengawas SMP dari Dinas Pendidikan Kab. Sekadau, Bapak Drs. Yudi Purminto. Beliau menyampaikan kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah. Beliau juga menyampaikan bahwa guru wajib mempersiapkan diri untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan cara memahami secara mendalam tentang prinsip dan struktur Kurikulum Merdeka.

Materi Penerapan Budaya Positif di Sekolah oleh Susi Susanti, S.Pd.

Sesi kedua merupakan penyampaian materi utama, yaitu tentang Penerapan Budaya Positif di Sekolah. Narasumber dalam sesi ini adalah Ibu Susi Susanti, S.Pd. yang merupakan Guru Penggerak Angkatan 5 Daerah Khusus (Dasus) Kab. Sekadau. Materi disampaikan oleh Ibu Susi Susanti, S.Pd. dengan menarik dan menyenangkan sehingga peserta mengikuti sesi ini dengan antusias. Di akhir sesi, narasumber yang merupakan guru SDN 23 Sungai Agung ini mengajak peserta untuk menerapkan keyakinan kelas agar pembelajaran lebih bermakna dan berpihak pada murid.

Sesi materi dan praktik Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Materi sesi ketiga setelah istirahat adalah Sosialisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang disampaikan oleh Ketua IGI Sekadau, Bapak Fuad Setiadi, S.Pd.,Gr. yang berkolaborasi dengan Ibu Susi Susanti, S.Pd.. Setelah ditayangkan video panduan instalasi PMM, peserta diajak untuk praktik langsung instalasi dan login ke Platform Merdeka Mengajar (PMM). Narasumber juga menyampaikan fitur-fitur dalam PMM yang dapat dipelajari  dan dimanfaatkan oleh guru-guru. Narasumber menyampaikan bahwa guru dapat memanfaatkan semua fitur dalam PMM dalam upaya memahami dan mempersiapkan diri untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah.

Di akhir rangkaian acara, Bapak Florensius Jayadi, S.Pd. selaku Ketua MGMP Matematika Kec. Sekadau Hulu menutup secara resmi acara sekaligus menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta. Beliau menyampaikan bahwa seluruh materi dalam acara ini sangat bermanfaat dan dapat diimplementasikan di sekolah masing-masing.

Posting Komentar untuk "Kolaborasi MGMP Matematika Sekadau Hulu dan IGI Sekadau Sukses Laksanakan Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka"