UJIAN SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS ONLINE TAHUN 2023 DI SMPN 7 SEKADAU HULU: OPTIMALISASI PENGGUNAAN LAPTOP CHROMEBOOK

Kamis, 27 April 2023 adalah hari pertama bagi satuan pendidikan jenjang SMP di Kabupaten Sekadau dalam melaksanakan Ujian Satuan Pendidikan (USP) atau Ujian Akhir Sekolah. SMPN 7 Sekadau Hulu sebagai satuan pendidikan di Kabupaten Sekadau juga melaksanakan agenda tersebut. Seperti tahun sebelumnya, sekolah yang berada di Dusun Empaong, Desa Tinting Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu tersebut tetap melaksanakan USP berbasis online. Siswa peserta ujian tidak lagi mengerjakan soal di kertas, tetapi menggunakan laptop Chromebook.

pelaksanaan USP berbasis online di SMPN 7 Sekadau Hulu

Sabinus Samson, S.Ag. sebagai penanggung jawab USP SMPN 7 Sekadau Hulu menyampaikan bahwa ujian berbasis online menjadi agenda rutin di sekolah tersebut.

“Sejak tahun 2021 hingga 2023 ini kami konsisten melaksanakan ujian berbasis online bagi siswa Kelas IX. Siswa mengerjakan soal ujian di laptop yang telah tersedia di sekolah. Selain USP, sejak tahun 2021 kami juga melaksanakan Penilaian Akhir Semester dengan sistem online”, ujar Samson.

Florentina Asteronika, S.Pd. sebagai ketua panitia USP SMPN 7 Sekadau Hulu mengungkapkan pelaksanaan ujian berbasis online dapat terlaksana dengan baik.

“Jumlah peserta ujian tahun ini adalah 16 siswa Kelas IX. Berhubung laptop milik sekolah hanya 15 buah, kami juga menggunakan satu buah laptop milik guru. Untuk hari pertama pelaksanaan ujian hari ini dapat terlaksana dengan baik”, kata Florentina Asteronika.

“Walaupun ujian hari pertama terlaksana dengan baik, tetapi ada kendala yang kami hadapi. Salah satunya adalah kendala jaringan internet di wilayah Dusun Empaong yang cukup culit sehingga untuk membuka link soal memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk mengantisipasi jaringan yang tidak menentu, kami telah menyiapkan dua buah router Wi-Fi di ruang guru. Kendala tersebut dapat diatasi berkat kerja sama guru dan operator ujian”, lanjut Florentina Asteronika.

Fuad Setiadi, S.Pd. selaku operator ujian menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian sekolah berbasis online ini merupakan pemanfaatan laptop Chromebook yang telah dimiliki oleh SMPN 7 Sekadau Hulu.

“Tahun 2020 kami mendapatkan bantuan laptop Chromebook dari Kemendikbudristek sehingga pelaksanaan USP berbasis online ini adalah upaya kami dalam mengoptimalisasi sarana yang diberikan oleh pemerintah” kata Fuad.

“Soal ujian ini dibuat dalam aplikasi Google Form yang terintegrasi dalam Google Workspace for Education. Tidak hanya menggunakan laptop, kita juga dapat menggunakan smartphone dalam memanfaatkan aplikasi ini untuk ujian. Guru-guru di sekolah ini telah belajar bersama dalam penggunaan aplikasi tersebut sehingga dalam pembuatan soal tidak ditemukan kendala yang berarti. Dengan soal ujian online menggunakan Google Form, guru tidak lagi mengoreksi secara manual karena soal dan kunci jawaban sudah tersistem dengan baik. Ketika siswa mengirim jawaban, maka hasil dan nilai akan langsung keluar. Dalam pengerjaannya, siswa tinggal klik pilihan jawaban sehingga tidak perlu lagi menggunakan kertas dan pulpen”, lanjut Fuad.

Dalam kesempatan tersebut, Sabinus Samson, S.Ag. sebagai penanggung jawab USP SMPN 7 Sekadau Hulu menyampaikan ucapan terima kasih dan harapannya berkaitan dengan pelaksanaan USP berbasis online.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pengawas Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sekadau beserta jajarannya yang telah mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Walaupun sekolah kami di kampung, tetapi kami berupaya untuk terus mengikuti perkembangan teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan. Berhubung kendala terbesar kami adalah jaringan internet yang sangat sulit, kami berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau untuk selalu memberikan dukungan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu dukungan yang sangat kami harapkan adalah pemanfaatan internet desa untuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Saat ini internet desa sudah tersedia di Dusun Empaong, tetapi masih belum kami rasakan manfaatnya secara maksimal. Oleh karena itu, kami berharap fasilitas tersebut dapat kami gunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga upaya kami dalam mewujudkan digitalisasi sekolah dapat terlaksana”, tutup Samson.

Posting Komentar untuk "UJIAN SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS ONLINE TAHUN 2023 DI SMPN 7 SEKADAU HULU: OPTIMALISASI PENGGUNAAN LAPTOP CHROMEBOOK"