Semangat Guru-Guru Bahasa Inggris Kab. Sekadau untuk Belajar PMM Bersama IGI Sekadau

Untuk ke sekian kalinya Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Sekadau kembali berkolaborasi bersama MGMP di Kab. Sekadau dalam rangka peningkatan kompetensi guru di Kab. Sekadau. Melalui program kerja IGI Goes to School yang sudah memasuki Jilid 5, IGI Sekadau berkolaborasi dengan MGMP Bahasa Inggris SMP Wilayah II Kab. Sekadau sebagai penyelenggara utama acara melaksanakan sosialisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) bagi guru.

Acara yang dilaksanakan pada Senin, 20 Maret 2023 tersebut diikuti oleh guru-guru Bahasa Inggris SMP dari Kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman, dan Nanga Mahap. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Perpustakaan SMPN 1 Sekadau Hulu, Kec. Sekadau Hulu. Bertepatan dengan pertemuan tersebut, ternyata beberapa wilayah di Kab. Sekadau terdampak banjir. Bahkan beberapa peserta harus menempuh jalan yang kondisi banjirnya cukup dalam. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat guru-guru hebat untuk mengikuti pertemuan MGMP tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Bapak Fuad Setiadi, S.Pd.,Gr. yang merupakan Ketua IGI Sekadau. Beliau menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Sebelum materi tersebut, beliau menyampaikan perkenalan tentang organisasi Ikatan Guru Indonesia.

“Ikatan Guru Indonesia adalah salah satu organisasi profesi guru yang fokus bergerak dalam peningkatan mutu dan kompetensi guru di Indonesia. IGI Sekadau sendiri berdiri pada 18 November 2020. Namun, dengan usia yang masih muda ini kami selalu berkomitmen untuk berperan sebagai penggerak bagi guru dalam peningkatan kompetensi diri”, ujar Bapak Fuad.

Dalam paparannya, Bapak Fuad menyampaikan pentingnya akun belajar.id sebagai Single Sign On (SSO) bagi guru dalam mengakses berbagai platform pendidikan.

“Sebagai akun yang telah dimiliki oleh guru-guru di Indonesia, akun belajar.id menjadi kunci untuk login ke Platform Merdeka Mengajar (PMM). Dengan kita mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM), kita dapat belajar, mengajar, dan berkarya dalam rangka memahami implementasi Kurikulum Merdeka”, lanjut Bapak Fuad.

Dalam pertemuan tersebut, Bapak Fuad menjelaskan fitur-fitur yang ada dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan cara menggunakan setiap fiturnya. Peserta sangat antusias dalam menyimak dan mengikuti paparan tentang PMM tersebut. Pada sesi tanya jawab, peserta juga banyak menyampaikan pertanyaan. Beberapa permasalahan yang terjadi di sekolah, antaranya adalah guru dan kepala sekolah yang lupa password akun belajar.id, tata cara reset password akun guru dan admin, serta permasalahan yang lain menjadi bahan diskusi menarik dalam pertemuan yang berlangsung hampir dua jam tersebut.

Ketua MGMP Bahasa Inggris SMP Wilayah II Kab. Sekadau, Bapak Gregorius Ato, S.Pd., menyampaikan terima kasih kepada IGI Sekadau yang telah berkolaborasi dan menyampaikan materi tentang Platform Merdeka Mengajar (PMM) di forum MGMP Bahasa Inggris SMP Wilayah II Kab. Sekadau. Di akhir penyampaiannya, beliau juga menyampaikan hal-hal penting mengenai Kurikulum Merdeka.

“Mungkin selama ini banyak budaya positif di sekolah yang terabaikan, misalnya kita sebagai guru sangat jarang mengucapkan terima kasih kepada siswa karena telah datang ke sekolah dan mau belajar. Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan budaya-budaya positif tersebut. Kurikulum ini mengutamakan pada bagaimana siswa dapat menggali potensi dirinya agar semakin berkembang dengan didampingi oleh guru”, ujar Pak Ato.

Posting Komentar untuk "Semangat Guru-Guru Bahasa Inggris Kab. Sekadau untuk Belajar PMM Bersama IGI Sekadau"