Temu Pendidik Nusantara (TPN) 10 Sukses Digelar di Sekadau

Ratusan guru di Kabupaten Sekadau mengikuti perhelatan akbar bertajuk Temu Pendidik Nusantara (TPN) 10 pada Sabtu, 26 Agustus 2023. Sebanyak lebih dari 280 guru berkumpul di Aula SMKN 1 Sekadau dalam agenda besar yang diselenggarakan oleh KGBN Sekadau tersebut. Temu Pendidik Nusantara (TPN) merupakan agenda yang diikuti oleh guru-guru dan pemangku kebijakan pendidikan yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan kompetensi guru.

Menurut Ketua KGBN Sekadau, Ibu Jamjemah S.Pd.SD, agenda TPN 10 kali ini merupakan agenda TPN pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Sekadau.

Hadir dalam TPN 10 Kab. Sekadau, yaitu Sekretaris Daerah Kab. Sekadau, Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Sekadau, Kepala Kantor Kemenag Kab. Sekadau, Anggota Komisi III DPRD Kab. Sekadau Bapak Herman A. Bakar, S.Sos., M.A.P., perwakilan Yayasan Guru Belajar (YGB), perwakilan BPP KGBN Kalimantan Barat, Ketua KGBN Sanggau, serta beberapa pihak sponsor kegiatan. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kab. Sekadau, Ir. H. Mohammad Isa, M.Si. menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut.

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap agenda TPN 10 di Sekadau ini. Walaupun baru pertama kali dilaksanakan di Kab. Sekadau, agenda ini dapat dilaksanakan dengan sukses dan diikuti ratusan guru dari seluruh Kab. Sekadau”, ujar Ir. H. Mohammad Isa, M.Si.

Setelah pembukaan, agenda TPN 10 dilanjutkan dengan sesi Kelas Kemerdekaan. Sesi Kelas Kemerdekaan merupakan sesi penyampaian praktik baik dari guru-guru yang telah mengikuti proses kurasi oleh tim pusat. Dalam Kelas Kemerdekaan tersebut, sebanyak delapan guru inspiratif dari jenjang SD hingga SMA/SMK berbagi praktik baik yang telah dilaksanakan di sekolahnya masing-masing. Setelah sesi Kelas Kemerdekaan, acara dilanjutkan dengan sesi Kelas Kompetensi. Dalam sesi tersebut, peserta disuguhkan dengan materi inspiratif yang disampaikan oleh Ketua KGBN Sanggau, Ibu Anisa Fitri, M.Pd. Beliau menyampaikan materi berjudul Miskonsepsi Pembelajaran Berbasis Proyek.

Di kelas terpisah juga dilaksanakan Cerdas Cermat Guru (CCG) yang masih merupakan rangkaian dari TPN 10. Sebanyak sebelas tim dari sekolah dan komunitas belajar di Kab. Sekadau mengikuti agenda tersebut.

“Cerdas Cermat Guru (CCG) merupakan agenda yang pertama kali dilaksanakan sebagai rangkaian acara TPN 10. Tujuan CCG ini adalah agar guru mengetahui tingkat level kompetensi yang dikuasainya”, ujar Jamjemah, S.Pd.SD.

Seluruh rangkaian TPN 10 Kab. Sekadau ditutup dengan refleksi kegiatan yang dipimpin oleh perwakilan BPP KGBN Kalimantan Barat, Bapak Ari Kusdianto, S.Pd. Dalam sesi refleksi tersebut, peserta berharap agar kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru dapat sering dilaksanakan. Peserta kegiatan juga menyampaikan agar agenda TPN 11 tahun 2024 dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

Posting Komentar untuk "Temu Pendidik Nusantara (TPN) 10 Sukses Digelar di Sekadau"