Kolaborasi SDIT Ar Rayyan dan IGI Sekadau Sukses Selenggarakan Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka

Dalam upaya meningkatkan pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka, komunitas dan organisasi guru di Kabupaten Sekadau semakin gencar menyelenggarakan sosialisasi implementasi Kurikulum Merdeka. Kali ini sebuah sekolah yang terletak di jantung kota Sekadau, yaitu SDIT Ar Rayyan Sekadau, menyelenggarakan agenda Peningkatan Kompetensi Guru dalam menyongsong Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Sekadau yang merupakan salah satu organisasi profesi guru di Kab. Sekadau. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 23 Februari 2023 di Komplek SDIT Ar Rayyan Sekadau tersebut diikuti oleh 52 peserta. Selain guru SDIT Ar Rayyan Sekadau, kegiatan tersebut juga diikuti oleh guru-guru dari SDN 21 Sungai Ringin, SDN 47 Penanjung, SDN 17 Mungguk, SD Bantuan Slamet Riyadi, TKIT Salsabil, dan SMPIT Ar Rayyan.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yaitu Bapak Mahrani, M.Pd. yang merupakan Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 dan Ketua Wilayah IGI Kalimantan Barat. Beliau menyampaikan materi mengenai hakikat Kurikulum Merdeka dan bentuk implementasinya di sekolah, modul ajar, projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta dokumen-dokumen terkait Kurikulum Merdeka. Dengan penyampaian narasumber yang sederhana dan mudah dipahami, peserta kegiatan dapat mengikuti seluruh rangkaian materi dengan baik dan terarah.

Bapak Arip Maulana, S.Pd. selaku guru SDIT Ar Rayyan yang merupakan salah satu peserta mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru-guru yang akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah.

“Penjelasan dari narasumber sangat sederhana, tetapi mudah dipahami sehingga kami sebagai peserta dapat memahami secara utuh materi yang disampaikan. Saat ini memang guru harus memahami bagaimana mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah”, tutur Bapak Arip.

Kepala SDIT Ar Rayyan, Bapak Riduan Fauzi, S.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut dilaksanakan.

“Kegiatan yang merupakan kolaborasi dengan IGI Sekadau ini sangat penting untuk dilaksanakan dan diikuti oleh guru. Hal ini bertujuan agar guru-guru di Kab. Sekadau lebih memahami serta menguasai prinsip dan struktur pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Dengan ini nantinya guru-guru akan siap untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing”, ujar Bapak Riduan yang sekolahnya saat ini tercatat sebagai Sekolah Penggerak di Kab. Sekadau.

Siang harinya, kegiatan dilanjutkan dengan Sharing Session bersama Ketua IGI Wilayah Kalimantan Barat yang diikuti oleh Pengurus IGI Sekadau serta guru-guru SDIT dan SMPIT Ar Rayyan Sekadau. Ketua IGI Sekadau, Bapak Fuad Setiadi, S.Pd.,Gr. menyampaikan kesan dan harapan terkait kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Mahrani, M.Pd. yang telah berbagi ilmu pada hari ini. Terima kasih yang tidak terhingga pula kepada Bapak Riduan Fauzi, S.Pd. dan seluruh guru SDIT Ar Rayyan Sekadau yang telah berkolaborasi bersama IGI Sekadau dalam upaya peningkatan mutu guru di Kab. Sekadau. Harapannya semoga kolaborasi ini tetap berlanjut karena kita punya tanggung jawab bersama membangun kabupaten kita tercinta ini. Semoga apa yang kita laksanakan ini menjadi salah satu langkah awal demi terwujudnya mutu pendidikan yang lebih baik”, ujar Bapak Fuad.

Posting Komentar untuk "Kolaborasi SDIT Ar Rayyan dan IGI Sekadau Sukses Selenggarakan Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka"