IGI Sekadau Sosialisasikan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Webinar IGI Sekadau Seri #7

Senin, 23 Januari 2023, Pengurus Daerah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Sekadau kembali melaksanakan agenda peningkatan kompetensi guru. Salah satu program unggulan IGI Sekadau, yaitu Webinar IGI Sekadau Series, sukses dilaksanakan hari ini. Kali ini Webinar IGI Sekadau Seri #7 Implementasi Kurikulum Merdeka mengambil tema Merancang Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Sambutan oleh Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Kab. Sekadau, Bapak Supriyoso, S.Pd.

Webinar IGI Sekadau Seri #7 yang dilaksanakan di ruang Zoom Meeting ini diikuti oleh guru-guru dari seluruh Indonesia. Total peserta yang terdaftar yaitu 434 peserta, berasal dari kalangan guru, mahasiswa, praktisi pendidikan, dan umum. Hadir dalam webinar ini sekaligus membuka acara yaitu Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Bapak Supriyoso, S.Pd. yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau. Dalam sambutannya, Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau memberikan apresiasi atas terselenggaranya Webinar IGI Sekadau Seri #7 yang diikuti oleh guru-guru dari seluruh Indonesia.

“Luar biasa IGI Sekadau go nasional karena melaksanakan kegiatan yang diikuti oleh guru-guru dari Sabang sampai Merauke”, tutur Bapak Supriyoso, S.Pd.

“Saya selaku Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh IGI Sekadau. IGI Sekadau dapat tampil luar biasa karena melaksanakan berbagai kegiatan peningkatan mutu guru untuk guru-guru di Kabupaten Sekadau dan seluruh Indonesia. Kami dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau telah memberikan himbauan kepada guru-guru di Kabupaten Sekadau untuk mengikuti materi Implementasi Kurikulum Merdeka ini karena sangat penting”, lanjut Bapak Supriyoso, S.Pd.

Setelah dibuka oleh Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, acara selanjutnya adalah penyampaian materi. Adapun narasumber Webinar IGI Sekadau Seri #7 kali ini adalah Bapak Mahrani, M.Pd. beliau adalah Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 sekaligus Ketua Wilayah IGI Kalimantan Barat. Dalam penyampaian materinya, Bapak Mahrani, M.Pd. mengupas bagaimana merancang dan melaksanakan pembelajaran projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Perancangan dan pelaksanaan pembelajaran projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dibahas secara sederhana dan aplikatif. Narasumber memberikan contoh beberapa sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran projek ini.

Penyampaian materi oleh Bapak Mahrani, M.Pd.

Setelah materi disampaikan selama satu jam, acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab. Dalam sesi tersebut, peserta sangat antusias dalam bertanya dan berbagi pengalaman pembelajaran yang selama ini dilaksanakan. Waktu dua jam yang disediakan secara keseluruhan ternyata tidak cukup untuk mengakomodasi pertanyaan dari peserta. Kesimpulan yang disampaikan olah Bapak Mahrani, M.Pd. adalah mengajak peserta untuk mendeteksi keunggulan dan kelemahan dari sekolah masing-masing. Tentunya projek yang nantinya disusun dan akan dilaksanakan harus memperhatikan sumber daya dan potensi sekolah. Potensi sekolah tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Masalah-masalah yang selama ini dihadapi harus dicari solusi secara bersama oleh warga sekolah agar dapat dikembangkan menjadi projek yang berpihak pada murid.

Dalam acara kali ini bahkan terdapat sekolah yang melaksanakan nonton bareng Webinar IGI Sekadau seri #7. SDIT Ar Rayyan Sekadau sebagai Sekolah Penggerak di Kabupaten Sekadau melaksanakan nonton bareng Webinar IGI Sekadau seri #7 yang diikuti oleh guru-guru di sekolah tersebut. Kegiatan nonton bareng ini dilaksanakan di Gedung SDIT Ar Rayyan Sekadau, Desa Mungguk, Kec. Sekadau Hilir.

Nonton bareng Webinar IGI Sekadau seri #7 di SDIT Ar Rayyan Sekadau

Link Youtube Webinar IGI Sekadau seri #7 https://www.youtube.com/watch?v=dSrY_H0q3kQ

Video Webinar IGI Sekadau seri #7 juga dapat diunduh di https://drive.google.com/file/d/1jeij6zgbWI4AQWIcM2EXA-kdSsKSPZg9/view?usp=sharing

Posting Komentar untuk "IGI Sekadau Sosialisasikan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Webinar IGI Sekadau Seri #7"